Sabtu, 27 Agustus 2011

Lonceng Cakra Donya


Hampir semua masayrakat Aceh pasti tau tentang Loceng CakraDonya yang ada di Banda Aceh. Tapi tau kah kita siapa yang mengantarkan nya hingga sampe ke tanah aceh? Dari beberapa artikel lonceng ini diberikan oleh pemerintah China, adalah Laksamana Cheng Ho yang merupakan pelayar tangguh dan (saya pikir) lebih hebat daripada Columbus yang terkenal itu sebagai perwakilan bangsa China pada saat itu, untuk menghadiahkan nya kepada Kerajaan Aceh.

Cheng Ho adalah seorang laksamana China yang hebat . Perjalannnya lebih jauh daripada Columbus, Vasco da Gamaa dan pelayar eropa lain yang mungkin lebih kita kenal. Beliau melakukan perjalanan antar benua 7 kali berturut-turut dalam kurun waktu 28 tahun.

Tidak ada ekspansi dan imprealisasi yang dilakukannya seperti halnya pelayar-pelayar dari bangsa Eropa. Beliau hanya mempropaganda tentang kejayaan Dinasti Ming. Malah pernah membantu menumpas perompak di perairan Palembang.

Hal yang lebih membuat saya salut adalah, dia adalah seorang muslim yang taat dengan ajaran Islam. Kapal yang digunakan untuk berlayar, 5 kali lebih besar daripada kapal Columbus. Dalam kurun waktu 1405-1433 , pernah singgah di Kerajaan Samudra Pasai dan menghadiahi lonceng Cakra Donya kepada kerajaan Aceh.


Sebagai sosok Muslim beliau perlu di contoh, jaman dahulu muslim sangat kuat dibanding bangsa Eropa, tapi banyak dari kita baru mengetahui, Pelayaran Columbus ternyata tidak lebih hebat dari seorang Laksamana Muslim Cheng Ho..

nb: attachments file, adalah perbandingan kapal Laksamana Cheng Ho dan Columbus

sumber:
http://www.chinapage.com/zhenghe.html
http://permai1.tripod.com/chengho.html
http://ms.wikipedia.org/wiki/Galeri_Laksamana_Cheng_Ho

Tidak ada komentar:

Posting Komentar